MAKALAH
SEJARAH KOMPUTER
Disusun
Oleh :
- HENGKI HARIADI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
TAHUN AKADEMIK 2009
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman
Judul ...................................................................................... i
Daftar
Isi ............................................................................................... ii
Pembahasan ............................................................................................ 1 - 18
Daftar
Referensi ................................................................................... 19
PEMBAHASAN
1.
PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur
yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir
eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Secara
luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang
terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu
dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan
data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor,
CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap
dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar
monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam
definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai
dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.
Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah
"yang memproses informasi"
atau "sistem
pengolah informasi."
2.
SEJARAH KOMPUTER
a.
Penggolongan Alat Pengolah Data
Bagaimanapun juga alat
pengolah data dari sejak jaman purba
sampai saat ini bisa
kita golongkan ke dalam 4 golongan besar:
1)
Peralatan
manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor
terpenting dalam
pemakaian alat adalah
menggunakan tenaga tangan manusia. Contoh : Abacus
Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil
dan
masih digunakan di beberapa
tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan
menggunakan bijibijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi
perdagangan. Seiring dengan
munculnya pensil dan kertas,
terutama
di
Eropa, abacus
kehilangan popularitasnya.
2)
Peralatan
Mekanik: yaitu
peralatan
yang sudah
berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara manual
a)
Pascaline
Pada tahun 1642, Blaise Pascal
(16231662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,
menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda
numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan
perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline,
menggunakan delapan roda putar bergerigi
untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.
Kelemahan alat ini adalah hanya
terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman,
Gottfred
Wilhem von
Leibniz (16461716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan
rodaroda gerigi. Dengan mempelajari catatan
dan gambargambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
b)
Kalkulator Mekanik(Arithometer)
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat
melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian.
3)
Peralatan Mekanik
Elektronik:
Peralatan
mekanik yang digerakkan
oleh secara otomatis
oleh motor elektronik
a)
Mesin Uap Differensiil
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage (17911871). Tahun 1812,
Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara
mesin
mekanik dan
matematika. Mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika
membutuhkan repetisi sederhana
dari suatu langkahlangkah tertenu. Masalah tersebut kemudain
berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik.
Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul
pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan
persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga
uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat
melakukan kalkulasi serta mencetak
hasilnya secara otomatis
b)
Analytical
Engine
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tibatiba terinspirasi untuk memulai membuat
komputer general
purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.
Asisten Babbage,
Augusta Ada
King (18151842)
memiliki peran
penting dalam
pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi
rencana, mencari
pendanaan dari pemerintah
Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi
Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke
dalam mesin dan juga membuatnya
menjadi programmer
wanita
yang pertama.
Pada tahun
1980, Departemen
Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah
selesai
dikerjakan,
tampak sangat primitif apabila dibandingkan
dengan standar masa kini.
Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen
dasar dari sebuah
komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah
konsep penting. Terdiri
dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartukartu perforasi (berlubanglubang) yang berisi instruksi
operasi bagi mesin tersebut.
Pada 1889, Herman Hollerith (18601929) juga menerapkan prinsip
kartu
perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah
menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan
perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880
membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan
berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan
waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
4)
Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya
secara elektronik penuh
Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan
aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.
Pendekatan ini didasarkan pada
hasil
kerja George Boole (18151864)
berupa sistem
biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan
matematik dapat
dinyatakan sebagai benar atau
salah. Dengan
mengaplikasikan kondisi benarsalah ke dalam sirkuit listrik
dalam bentuk
terhubungterputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka
terhenti
karena kehilangan sumber
pendanaan.
b.
Penggolongan Komputer
Penggolongan komputer berdasarkan 5 hal:
1)
Data yang diolah
a)
Komputer Analog
digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan parallel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu,
kecepatan suara, voltase listrik.
Gambar 1 Komputer Analog
b)
Komputer Digital
Digunakan untuk mengolah
data
kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf &
angka, karakterkarakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara.
Contohnya komputer PC dll.
Gambar 2 Komputer
Digital
c)
Komputer Hybrid
Merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital.
Contohnya: Facsimile
Gambar 3 Komputer Hybrid
2) Penggunaan
Berdasarkan
penguunaannya komputer dibedakan menjadi 2 yaitu :
a) Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan masalah
yang khusus yg biasanya hanya berupa satu masalah saja. Komputer ini dapat
berupa komputer digital maupun komputer analog, dan mumnya komputer analog
adalah special purpose computer. Komputer ini banyak dikembangkan untuk
pengontrolan yang otomatis pada proses-proses
industri seperti pabrik kimia, penyulingan minyak, pabrik baja serta
untuk tujuan militer
b) Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
Komputer
yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dengan program-program
yang bermacam-macam pula. Dibandingkan dengan special-purpose computer,
kecepatannya lebih rendah. Dipakai untuk berbagai keperluan, untuk aplikasi
bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan, dsb. Komputer ini dapat
berupa komputer digital maupun komputer analog, dan umumnya komputer digital
adalah general purpose computer.
3) Kapasitas
dan ukurannya
Berdasarkan
kapasitas dan ukurannya komputer dibedakan menjadi 6 yaitu :
a)
Tower (menara) adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah
meja, karena ukurannya yang
relatif besar, sehingga
memenuhi meja.
Komputer
ini biasanya banyak
memiliki
ruang
didalamnya
dan
banyak memiliki expansion
slot
(tempat untuk memasang card tambahan), sehingga
bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.
b) Desktop (meja) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari dari
Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini
paling banyak
dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan
dengan bentuk yang lain.
c)
Portable (mudah dibawabawa) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih
kecil dari Desktop,
karena bagianbagiannya dapat
dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemanamana. Komputer ini ditujukan bagi pemakai
yang
sering bertugas ilapangan,
misalnya
insinyur yang
bertugas menyelesaikan suatu rumah atau peneliti yang
mengumpulkan data
dilokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang populer karena relatif
besar dan berat.
d) Notebook (buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar buku.. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kerta kuarto, yaitu 8 ½ x 11
inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg
e)
Subnotebook adalah komputer yang ukuran ada diantara komputer notebook
dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada
sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya
disk drive.
f)
Palmtop adalah komputer yang dapat
digenggam, karena ukurannya yang
sangat kecil. Komputer ini
sering
disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai
kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan
dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan
keyboardnya sedikit
lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pemakai.
4)
Perkembangan Hardware
Berdasarkan perkembangan hardware, komputer terbagi dalam 5 generasi yaitu:
a)
Komputer Generasi Pertama
(19461959)
Dengan terjadinya Perang Dunia II, negaranegara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha mengembangkan
untuk mengeksploit potensi strategis yang
dimiliki komputer.
Hal ini
meningkatkan
pendanaan pengembangan komputer
serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
(1)
Colassus
(2)
Mark I
(3)
ENIAC
(4)
EDVAC
(5)
UNIVAC I
Ciri komputer generasi pertama adalah:
§
Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
§
Adanya silinder magnetik untuk penyimpanan data.
§
Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
§
Setiap komputer
memiliki program
kodebiner
yang berbeda
yang
disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
b)
Komputer Generasi Kedua (19591964)
Stretch dan LARC
Mesin
pertama yang
memanfaatkan teknologi
baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama
Stretch, dan
Sprery Rand membuat komputer bernama
LARC. Komputerkomputer
ini,yang dikembangkan
untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar
data,
sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan
oleh peneliti atom.
Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan
komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan
digunakan: satu di
Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US
Navy Research
and Development Center di Washington
D.C. Komputer generasi
kedua
menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatansingakatan untuk
menggantikan kode
biner.
Pada awal
1960an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini
merupakan komputer
yang sepenuhnya menggunakan
transistor. Mereka juga memiliki komponenkomponen
yang
dapat diasosiasikan dengan komputer
pada
saat
ini:
printer,
penyimpanan
dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401
yang diterima
secara
luas
di kalangan
industri.
Pada
tahun 1965, hampir
seluruh
bisnisbisnis besar menggunakan komputer
generasi kedua untuk
memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada
komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan
konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian
konsumen
dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman
Common BusinessOriented Language (COBOL) dan Formula
Translator (FORTRAN) mulai
umum digunakan. Bahasa pemrograman ini
menggantikan kode mesin yang rumit dengan katakata, kalimat, dan formula
matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir
baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem
komputer). Industri
piranti lunak juga mulai bermunculan
dan
berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
Ciri-ciri
komputer pada generasi kedua:
§
Penggunaan transistor sehingga
ukurannya lebih kecil
§
Adanya pengembangan memori intimagnetik membantu pengembangan
komputer generasi
kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya
§
Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa Asembly
§
Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN
c)
Komputer Generasi Ketiga
(19641970)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan panas
yang cukup besar, yang
dapat berpotensi merusak bagianbagian internal komputer.
Batu
kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam
sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponenkomponen ke dalam suatu chiptunggal yang
disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer
menjadi semakin
kecil
karena komponenkomponen dapat
dipadatkan
dalam chip. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya
adalah penggunaan
system operasi (operating system)
yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai
program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program
utama yang
memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Ciri-ciri
komputer pada generasi ketiga:
§
Penggunaan IC(Intregrated Circuit)
§
Ukuran komputer menjadi lebih kecil
§
Ditemukannya
Sistem Operasi
d)
Komputer Generasi Keempat (1979sekarang)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponenkomponen elektrik. Large
Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada
tahun 1980 an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan
komponen dalam
sebuah chip
tunggal. UltraLarge Scale Integration
(ULSI) meningkatkan
jumlah tersebut menjadi jutaan.
Kemampuan untuk
memasang sedemikian banyak komponen
dalam suatu keping yang berukurang setengah
keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga
meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel
4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada
IC dengan meletakkan
seluruh komponen
dari
sebuah komputer (central
processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah
chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas
tertentu yang
spesifik.
Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat
diproduksi
dan kemudian diprogram untuk
memenuhi seluruh kebutuhan yang
diinginkan. Tidak
lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven,
televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection
dilengkapi dengan
mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orangorang biasa untuk
menggunakan
komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan
besar atau
lembaga pemerintah. Pada pertengahantahun
1970an, perakit komputer menawarkan produk
komputer mereka ke masyarakat umum. Komputerkomputer ini, yang disebut
minikomputer,
dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak
yang paling populer
pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980an, video game seperti Atari
2600 menarik
perhatian konsumen
pada komputer
rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM
memperkenalkan
penggunaan Personal
Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit
di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer
melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih
kecil, dari
komputer yang berada di
atas
meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat
dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh
dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan
system grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer
yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan
IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486,
Pentium, Pentium II, Pentium
III,
Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini
semua masuk dalam
golongan komputer generasi
keempat. Seiring dengan
menjamurnya penggunaan komputer di tempat
kerja,
caracara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah
kuatnya
suatu
komputer kecil, komputerkomputer
tersebut dapat dihubungkan
secara
bersamaan dalam suatu jaringan
untuk saling berbagi memori, piranti lunak,
informasi, dan
juga
untuk
dapat saling
berkomunikasi satu dengan
yang lainnya.
Komputer
jaringan
memungkinkan
komputer tunggal
untuk membentuk
kerjasama elektronik untuk
menyelesaikan
suatu
proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area
network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar
Ciri-ciri komputer pada generasi keempat:
·
Digunakannya LSI, VLSI, ULSI
·
Digunakannya mikroprosesor
e)
Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan
dari sebuah komputer generasi
kelima. Dengan
kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan
percapakan dengan manusia,
menggunakan masukan
visual, dan belajar
dari pengalamannya
sendiri.
Walaupun mungkin realisasi
HAL9000 masih jauh dari
kenyataan, banyak fungsifungsi yang dimilikinya sudah
terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi
secara lisan
dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini
tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi
jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari
bahwa pengertian
manusia sangat bergantung pada konteks dan
pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan katakata secara langsung.
Banyak kemajuan
di bidang
desain komputer
dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa
yang terutama adalah
kemampuan pemrosesan
paralel,
yang
akan menggantikan
model Von Neumann. Model Von Neumann akan
digantikan dengan sistem
yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja
secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik
tanpa ada hambatan apapun,
yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam
sosialisasi jargon
dan proyek
komputer generasi kelima. Lembaga
ICOT (Institute for new Computer
Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak
kabar yang
menyatakan bahwa proyek ini telah gagal,
namun beberapa informasi lain
bahwa keberhasilan proyek
komputer generasi kelima
ini akan membawa
perubahan baru paradigma
komputerisasi di dunia.
Ciri-ciri komputer pada generasi keempat:
·
Adanya kecerdasan buatan
·
Mengkoordinasikan CPU secara serempak
·
Adanya teknologi super konduktor
5)
Sejarah Komputer berdasarkan perkembangan software
Gambar 4: Perkembangan Software dalam berbagai Era
a)
Era Pioner
Bentuk
perangkat lunak pada awalnya adalah
sambungansambungan kabel ke antar bagian dalam Komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan
komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk
sebuah mesin untuk tujuan
tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan
dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di
kerjakan komputer berupa print out.
Proses yang di lakukan di
dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses. Contoh komputer pada era
ini adalah komputer ENIAC.
b)
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan
komputer sudah banyak di gunakan, tidak
hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat
Menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak
mulai bergeser menjadi sebuah produk. Barisbaris perintah perangkat lunak
yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satusatu,
tapi
sudah seperti banyak proses yang di
lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah
perangkat lunak mampu
menyelesaikan
banyak
pengguna
(multi user) secara
cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang
memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
c)
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan
komputer di era ini,
perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang
bertugas
menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan
secara langsung oleh
penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi
yang ada di dalam perangkat lunak
mengarah
ke
suatu
jenis kecerdasan
buatan.
d)
Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di manamana, tidak hanya pada
sebuah
superkomputer dengan
25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan
PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke
mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah
pada
suatu saat kelak akan
dapat saling terhubung.
Pembuatan sebuah perangkat
lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang,
tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat
kecerdasan yang di
tunjukkan
oleh perangkat lunak pun semakin meningkat,
selain permasalahan teknis, perangkat
lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
DAFTAR REFERENSI
No comments:
Post a Comment